5 Hal Unik Ini Adalah Bentuk Pertahanan Tubuh Yang Jarang Kita Sadari

Tubuh kita adalah kumpulan dari berbagai sistem dan siklus biologis yang terkadang sulit untuk dipahami. Mekanisme pertahanan tubuh atau the body’s set of defence mechanisms adalah salah satu sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Sistem ini melindungi tubuh kita selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu dari berbagai macam virus ataupun hal lain yang bisa menyerang tubuh kita.

Namun, pernahkah kamu menyadari ketika tubuh kamu sedang dalam proses pertahanan? Terkadang, tanpa kamu sadari hal-hal unik yang terjadi pada tubuh kamu dalam kehidupan sehari-hari adalah bagian dari mekanisme pertahanan tubuh kamu loh! Berikut ini 5 hal mencengangkan dari tubuh kita yang tanpa disadari adalah bentuk dari defence mechanisms.

Menguap

Tujuan utama dari menguap adalah untuk mendinginkan otak yang sudah terlalu panas atau sudah digunakan melebihi batas.

yawning-foter
Ilustrasi Anak Kecil Sedang Menguap (foter.com)

Bersin

Biasanya, kita bersin ketika mikroba, debu, atau bentuk iritasi lainnya terlalu banyak masuk ke saluran pernafasan (lewat hidung). Bersin adalah cara tubuh menyingkirkan “sampah” ini dari dalam tubuh.

sneezing-foter
Ilustrasi Bersin (foter.com)

Meregangkan Tubuh

Setelah bangun tidur, hal pertama yang biasa kita lakukan adalah meregangkan badan secara naluriah. Hal ini membantu tubuh kita untuk mempersiapkan beban fisik yang akan ditanggung tubuh di siang hari. Pada saat yang sama, perengangan juga bermanfaat untuk mengembalikan fungsi otot, mengembalikan aliran darah, dan meningkatkan suasana hari kita.

streching-shutterstock
Ilustrasi Meregangkan Badan (shutterstock.com)

Cegukan

Ketika kita makan dengan sangat cepat, menelan potongan makanan yang besar, atau makan berlebihan, saraf pneumogastric kita bisa mengalami iritasi. Hal ini terkait erat dengan perut dan diafragma di dalam tubuh. Hasilnya adalah serangan cegukan.

hiccuping-foter
Ilustrasi Anak Kecil Sedang Minum Untuk Mengobati Cegukan (foter.com)

Kerutan Pada Kulit

Kerutan yang muncul pada kulit tangan kamu ketika lama terkena air memainkan peran penting. Fenomena ini disebabkan oleh fakta bahwa ketika tubuh kamu bertemu jumlah uap air yang banyak, tubuh memahami bahwa lingkungan semakin licin/basah. Kulit tangan yang mengerut mempermudah kita berpegangan di permukaan yang halus.

wrinkling-of-the-skin-hottubbliss
Ilustrasi Tangan Mengerut (Dok. hottubbliss)

Fenomena di atas hanya beberapa alasan kenapa kita semua harus sangat berterima kasih kepada tubuh yang bekerja untuk melindungi kita setiap hari. Ingat untuk selalu enjoy, karena tubuh kamu punya segalanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s